Cara Screenshot Di Komputer

Kembali kita mengingat mungkin pada zaman teknologi belum secanggih sekarang, jika dibayangkan kalau kita mau melakukan sesuatu pasti akan susah. Namun semua bayangan tersebut pun berangsur angsur menghilang.

Jika dibandingkan dengan zaman dahulu, manusia sudah banyak melakukan banyak kemajuan tertama dibidang teknologi sejak zaman revolusi industri.

Yang dimana pada kala itu, manusia melakukan beragam aktivitas dengan menggunakan manual, sekarang pun sudah mulai digantikan dengan banyak alat alat modern.

Teknologi teknologi itu pun semakin hari semakin bertambah seiring dengan berjalannya waktu, seakan akan teknologi tersebut tidak ada hentinya berkembang.

tovas.co

Alat alat modern atau bahasa keren menyebut dengan Gadget, kini sudah banyak varian, fungsi dan jenisnya. Mulai dari gadget untuk komunikasi sampai gadget yang digunakan hanya untuk melakukan suatu hal khusus.

Tentu gadget gadget tersebut difungsikan untuk mempermudah kegiatan manusia, namun yang disayangkan selain teknologi yang kian berkembang banyak memberikan suatu hal positif.

Teknologi juga banyak memberikan hal hal negatif yang dimana pada saat manusia sebelum mengenal teknologi hal tersebut tidak lah ada.

Nah gadget yang terkenal, karena memiliki segudang manfaat adalah komputer. Alat ini bisa digunakan bermacam macam, seperti mengedit suatu pekerjaan, membuat sebuah laporan kantor, kirim mengirim surat, bermain game dan masih banyak lagi.

Bahkan komputer ini saking banyaknya fitur yang dimiliki dan fungsinya yang sangat beragam, komputer ini seakan akan menjadi sebuah barang yang wajib dimiliki oleh orang orang produktif zaman sekarang.

Kali ini salah satu fitur unik dari komputer yang akan kita bahas yakni sebuah fitur menangkap gambar yang terpampang pada layar monitor untuk nantinya akan diproses menjadi file gambar.

Fitur tersebut diberi nama atau biasa disebut dengan Screenshot atau Screen Capture atau Screen Grab.

Apa Itu Screenshot ?

komputeran.com

Bagi sebagian orang yang sudah berkecimpung di dunia teknologi pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut, namun bagi yang belum paham apa itu screenshot simak pembahasan lengkapnya berikut.

Screenshot adalah gambar digital yang diperoleh dari konten tampilan yang ada pada komputer. Screenshot atau tangkapan layar sendiri pada umumnya sudah ada atau sudah dibenamkan pada sebuah sistem operasi atau perangkat lunak yang berjalan pada komputer anda.

Sedangkan fungsi dari Screenshot sendiri adalah mendapatkan atau menyimpan tampilan dari monitor yang kita lihat pada waktu saat itu juga, agar moment atau apa yang kita lihat tidak hilang dan bisa diabadikan dalam gambar.

Selain itu fungsi lain dari screenshot juga bisa menjadi barang bukti suatu kejahatan, sebuah transaksi jual beli, serta mengambil gambar atau tampilan pada monitor jika pada saat itu tampilan pada monitor dirasa penting untuk disimpan.

Karena terkadang kita sendiri tidak bisa mengingat atau tidak bisa menjelaskan suatu hal secara akurat tentang apa yang kita lihat pada layar monitor kita.

Tutorial Cara Screenshot Di Komputer

Ada beragam cara untuk me-Screenshot layar monitor untuk nantinya bisa dimanifestasikan dalam bentuk sebuah gambar digital.

Memang tidaklah sulit untuk melakukan sebuah screenshot pada device komputer anda, tetapi bagi anda yang belum tahu tentang tata cara screenshot pada device anda, berikut tutorialnya.

1. Menekan Tombol Prt Scrn

innnnfopeediaa.blogspot.com

Tutorial kali ini dimulai dari yang paling mudah untuk anda lakukan, karena tutorial kali ini hanya menggunakan tombol atau perangkat yang sudah tersedia pada Komputer anda.

Caranya yakni anda hanya perlu menekan tombol Prt Scr (Print Screen) satu kali (tombol biasanya terdapat pada sisi kanan atas keyboard anda).

Perlu anda ketahui bahwa, saat anda menggunakan metode ini, seluruh bagian layar akan tertangkap dengan hanya satu kali tekan saja.

Nantinya hasil dari tangkapan layar tersebut akan secara otomatis tersimpan pada klipboard anda. Langkah berikutnya anda hanya perlu mem paste gambar hasil tangkapan tersebut.

Software untuk melihat hasil atau tempat untuk mem paste tangkapan layar tersebut, biasanya menggunakan software bawaan yakni Paint.

Buka aplikasi Paint dan salin screenshot yang baru diambil dengan tombol Ctrl+V. Setelah hasil terlihat di layar, anda tinggal menyimpan gambar tersebut seperti anda biasa menyimpan file.

2. Menekan Kombinasi Tombol Windows + Prt Scrn

en.wikipedia.org

Nah kalau cara tadi dirasa kurang efisien, berikut ada cara yang jauh lebih efisien, hanya dengan menekan tombol saja gambar akan otomatis tersimpan pada disc C/Picture (Mungkin lokasi penyimpanan bisa berubah jika memang anda sudah merubahnya).

Kombinasi yang kami maksud adalah kombinasi antare tombol Windows (Biasanya ada pada kiri bawah sebelah tombol ALT) di tekan bersamaan dalam satu waktu dengan tombol Prt Scr (Print Screen).

Lalu secara otomatis layar akan menampilkan animasi berkedip, yang menandakan bahwa anda sudah melakukan perintah Screenshot.

Silahkan cek, pada disc C/Picture, biasanya file yang diambil berbentuk atau bertipe .PNG, namun perlu kalian ketahui bahwa metode ini hanya bisa dilakukan pada platform Operating System Windows 10 saja. Karena ini merupakan suatu update terbaru dari Windows.

3. Menekan Kombinasi Tombol ALT + Prt Scrn

giga.de

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan anda hanya menekan tombol Prt Scrn (Print Screen) saja, yang membedakan adalah jika anda menambahkan ALT saat menean Prt Scrn, sistem akan secara otomatis mengambil screenshot atau melakukan tangkapan layar pada program atau software yang aktif saja.

Nah untuk cara nya adalah :

  • Yang pertama yang harus anda lakukan adalah membuka jendela software mana yang mau anda ambil screenshot.
  • Kemudian setelah dirasa sudah membuka software yang akan anda screenshot, tekan tombol ALT PrntSc.
  • Setelah itu buka program paint, lalu lakukan langkah seperti biasa yakni paste kan hasil tangkapan layar anda.
  • Save file tersebut dengan menekan tool bergambar seperti disket, pada pojok kiri atas, atau bisa juga dengan cara cepat yakni menekan tombol CTRL + S, pilih lokasi save, lalu tekan OK.

4. Menekan Kombinasi Tombol Windows + Shift + S

windowsreport.com

Cara ini digunakan pada saat anda ingin mengambil tangkapan layar namun tangkapan yang ingin anda ambil lebih spesifik tidak semua bagian layar terambil.

Dengan menekan kombinasi tersebut maka secara otomatis layar akan menjadi gelat atau akan menjadi abu abu dan kursor kalian akan berubah bentuk menjadi icon +.

Di sebelah atas anda akan didapati pilihan seperti:

  • Rectangular Snip (Anda bisa memilih spesifik dengan dibatasi suatu kotakan).
  • Free Roam Snip (anda bisa memilih spesifik dengan lebih bebas).
  • Window Snip (anda bisa memilih tab yang sedang terbuka).
  • Freeroam Snip (pilihan ini akan mengambil tangkapan layar sesuai apa yang ada pada layar)

Jika sudah memilih opsi apa yang akan kalian lakukan (khusus opsi Rectangular Snip dan Free Roam Snip) langkah berikutnya adalah drag kursor di lokasi yang akan anda ambil secara lebih spesifik.

Setelah itu mem-paste kan hasil nya pada software paint yakni dengan Ctrl + V lalu save pada lokasi yang diinginkan.

5. Menggunakan Software Game Bar

komputeran.com

Ini adalah cara khusus bagi anda pengguna Sistem Operasi Windows 10, yakni melalui software yang bernama Game Bar, dimana software ini memungkinkan pengguna untuk merekam cuplikan dari game dan mengambil screenshot dari game.

Ini merupakan sofware yang wajib ada pada komputer anda jika anda adalah seorang gamer, tentu dengan adanya Game Bar anda bisa membagikan pengalaman bermain game anda kepada teman teman anda sesama gamer.

Sebelum menggunakan Game Bar tersebut, anda diharuskan untuk membuka aplikasi Xbox yang merupakan fitur bawaan dari Windows 10.

Adapun langkah langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka pengaturan di aplikasi tersebut, dan cari opsi Game DVR.
  • Setelah itu klik opsi “Take screenshots using Game DVR”.
  • Anda bisa menggunakan kombinasi default yaitu tombol Windows + G, atau mungkin anda ingin merubah dengan memasukkan kombinasi tombol pilihan anda sendiri untuk membuka Game Bar.
  • Pada saat anda ingin mengambil screenshot, tekan tombol Windows + G atau tombol pilihan kalian, dan klik kotak “Yes, this is a game” jika opsi tersebut muncul.
  • Setelah itu klik ikon kamera yang ada atau tekan Windows + Alt + PrtScr untuk mengambil screenshot.
  • Hasil screenshot dapat diilihat di Lokal Disc C/VideosCaptures.

6. Menggunakan Software Sniping Tool

reddit.com

Software ini pertama kali ada pada widows yakni di Windows Vista, adalah sebuah software yang sudah terkenal bisa mengambil screenshot dengan format yang lebih fleksibel seperti area berbentuk bebas, persegi panjang, jendela aktif yang saja, atau layar penuh.

Cara menggunakannya pun cukup simple:

  • Pertama anda buka software Snipping Tool.
  • Setelah terbuka pilih opsi New atau jika ingin memilih bentuk yang spesifik.
  • Klik tanda panah yang ada di sisi kirinya.
  • Setelah itu pilih area layar yang ingin diambil screenshot-nya.

Preview screenshot akan ditampilkan dan anda bisa menyimpan screenshot yang diambil dengan klik ikon disket di sisi kiri atas lalu arahkan pada folder mana yang akan anda gunakan untuk menyimpan screenshot tersebut.

7. Menggunakan Software DropBox

pinterest.com

Ini adalah cara terakhir me Screenshot komputer dengan bantuan suatu software eksternal, atau dengan kata lain anda harus menginstall sendiri.

Untuk menggunakan fitur ini, tentu saja pastikan aplikasi Dropbox sudah terinstall pada komputer anda dan ikuti langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi DropBox yang sudah terinstall tesebut.
  • Setelah itu, klik foto profil kalian yang ada di sisi kanan atas dan pilih menu Preferences.
  • Langkah berikutnya adalah klik opsi Import, dan beri tanda centang di kotak dengan tulisan “Save screenshots to your Dropbox”.
  • Untuk menyimpan screenshot ini cukup mudah.
  • Bagi pengguna sistem operasi Windows, kalian tinggal memencet Print Screen dan Dropbox akan langsung menyimpannya di akun kalian.

Perlu anda ketahui bahwa Ctrl + Print Screen, maka anda bisa menyimpan hasil dari screenshot tersebut  ke akun Dropbox sehingga anda bisa membagikannya ke email, Facebook, atau lainnya.

Untuk melihat hasil screenshot, anda bisa ke folder Dropbox yang ada di Windows Explorer dan masuk ke folder Screenshot.

Kesimpulan

Gunakan cara nomer 1 sampai dengan nomer 4, jika anda menginginkan kemudahan, dan tidak perlu anda menggunakan software lain, cukup denan menekan tombol saja.

Namun jika anda menginginkan suatu yang memiliki lebih banyak fitur, kami sarankan untuk menggunakan software.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar di monitor anda, pada dasarnya cara cara diatas sama, yang membedakan hanyalah fitur fitur dan kemudahan tergantung yang mana yang anda sukai.

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.